Rabu, 27 September 2017

pahami toleransi

Layaknya sebuah jalan untuk menuju ke suatu tempat. Tentu kita boleh memilih jalan manakah yang akan kita lalui, apakah jalan A yang mungkin lebih dekat atau mungkin jalan B yang justru mungkin lebih jauh. Begitu juga dengan perihal aliran beragama (Islam). Tentu setiap individu memiliki kebebasan dalam memilih jalan tersebut.  Ada yang memilih jalan A karena dia tahu kalau jalan A itu jaraknya  lebih dekat jika dibanding dengan B, ada juga yang memilih jalan B karena dia ingin berpetualang atau menikmati pemandangan sepanjang jalan, dan  mungkin ada yang memilih jalan B dengan alasan karena memang dia hanya tahu satu jalan menuju tempat tujuannya.
Bukankah aliran  A ataupun aliran B juga akan sama-sama sampai ke tempat tujuan ? Namun juga perlu kita ingat bahwasannya jalan yang dekat tidak menjamin akan lebih duluan sampai dibanding jalan yang kelihatannya jauh. Tentu saja tergantung tunggangan/kendaraan yang dinaiki oleh si “Safar” atau orang yang sedang berpergian itu. Walaupun jaraknya jauh kalau pakai mobil pembalap tentu akan lebih cepat bukan?  Begitu pula jika yang lewat jalan A (jalan yang lebih dekat) namun hanya berjalan kaki. Tentu butuh waktu lama untuk sampai ke tempat tujuan. Begitu pula dengan perihal perbedaan dalam beraliran, entah kita memilih A atau B, cepat atau lambatnya kita menuju Allah, menuju Ridho dan Rahmat-Nya, tentu kita harus bergegas dalam menaati segala peraturan-Nya.  

Bisa dikatakan bahwa kelompok yang fanatik itu sama halnya dengan mereka yang memilih jalan B dengan alasan mereka hanya tahu satu jalan saja untuk mencapai tempat yang dituju dan mengatakan jalan yang lain adalah “salah” karena ketidaktahuannya itu.  Begitu pula bagi mereka yang fanatik dan menganggap aliran agamanya lah yang paling benar. Itu biasanya karena mereka dangkal akan Ilmu Pengetahuan. Toh Allah itu menilai berdasarkan ketakwaan hambanya bukan alirannya, tidak ada dalam al-Qur’an maupun Hadist yang mengatakan bahwa Allah memilih aliran A masuk surga B masuk neraka, yang ada itu mereka yang beragama Islam dan bertakwa kepada Allah pasti akan masuk surga. Yuk sama-sama satukan umat dengan saling memahami dan toleransi.

1 komentar:

  1. Baccarat | Strategy & Techniques - The Vikings
    Baccarat involves งานออนไลน์ placing cards, making bets on each 바카라 사이트 other's When a dealer uses the Baccarat hand to draw a line of 제왕 카지노 cards and then

    BalasHapus